Antara Ilmu dan Ngelmu – Paranormal Semarang

Berbicara mengenai kekuatan metafisika, pasti banyak yang tidak dapat dijelaskan dan diluar nalar pikiran manusia. Seperti kekuatan gendam, pelet, santet yang berlandaskan pada keyakinan, laku serta mantra. Hal ini berkaitan dengan pengetahuan antara ilmu dan ngelmu, lalu apa sebenarnya yang dimaksud ngelmu itu? dan apa yang membedakan dengan ilmu. Kesempatan ini kami akan membedah lebih dalam antara ilmu dan ngelmu itu sendiri, silahkan baca sampai akhir untuk menemukan penjelasannya.

Untuk menjelaskan perbedaan antara ilmu dan ngelmu pada sudut pandang orang jawa. Pengetahuan yang pada pandangan orang jawa memang terbagi menjadi dua yaitu Ilmu dan Ngelmu. Secara umum Ilmu merupakan sesuatu yang dapat dijelaskan secara ilmiah (pasti), dapat diterima oleh akal logika kita, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Tetapi berbeda dengan Ngelmu, ngelmu itu sendiri merupakan sebuah konsep yang sering tidak ditunjang oleh bukti yang masuk akal (diluar nalar), melainkan melalui pengamatan suprarasional. Bila ilmu konsep penelitiannya berasal dari apa yang dilihat serta melalui kajian-kajian ilmu pengetahuan, berbeda dengan konsep Ngelmu, didasarkan dari apa yang disebut dengan kemampuan batin yang hanya dapat ditangkap ilmu rasa.

Baca juga: Mengenal Ilmu Esemu Pamungkas

Cara menguasai Ngelmu?

Neglmu bisa didapatkan dari laku batin dengan cara tirakat dan puasa dari segala bentuk nafsu baik dari makan, tidur, serta kegiatan dunia. Dari laku batin itulah akan didapatkan ngelmu seperti kharisma, kewibawaan, kekebalan, kesaktian, pengasihan, mahabbah, indra keenam, dan meningkatkan kesadaran pribadi mengetahui sesuatu hal yang akan terjadi.

Menguasai Ngelmu memang didasarkan dengan keyakinan, rasa percaya yang tidak mengandalkan logika/akal pikiran dalam menjalankannya. Pikiran hanya sebuah alat yang difungsikan untuk fisik dan apabila pikiran tersebut difokuskan dan ditingkatkan kekuatannya maka dapat membangkitkan kekuatan metafisik. Ketika ngelmu ini sudah dikuasai seperti yang difokuskan, maka akan memunculkan sesuatu yang diluar akal dan pikiran manusia, sebuah hal yang tidak dapat dijelaskan.

Pada saat ini orang yang mempunyai ngelmu sudah tidak banyak, hanya segelintir orang saja yang mempunyai ngelmu ini. Sedangkan pada zaman dahulu, banyak orang yang menguasai ngelmu ini, banyak cerita-cerita yang tersebar dari zaman dulu bahwa orang yang menguasai ngelmu ada yang tidak mempan dengan senjata apapun, ada juga yang mampu mengangkat beban puluhan kali lipat dari berat tubuhnya, kisah orang yang berlari bagaikan angin, berlari diatas air, dan masih banyak lagi.

Ngelmu ini memang sulit sekali didapatkan, tidak semua orang mampu menguasai ngelmu ini, banyak syarat dan tirakat berat yang harus dilakukan. Apalagi dengan kondisi saat ini banyak yang tidak akan mampu dalam menjalankan laku batin, tidak mampu mengekang hawa nafsu, makan serta keinginan duniawi lainnya. Dan juga tingkat rasional orang-orang sekarang sudah tinggi, sehingga kepercayaan-kepercayaan yang bersifat irasional, terasa diragukan dan dipinggirkan dari pikiran mereka.

Baca juga: Ini Dia 7 Sarana Ilmu Pelet yang Melegenda

Cara menempuh laku batin?

Untuk mendapatkan Ngelmu bisa ditempuh dengan laku baitn, ada dua jalan laku batin yang bisa diambil, yaitu dengan jalan Tarekat dan jalan Tirakat. Tarekat merupakan sebuah usaha perjalanan untuk menuju ridha Tuhan yang banyak dilakukan oleh kalangan agamawan. Sedangkan tirakat merupakan sebuah laku prihatin yang dijalankan seperti patigeni, ngebleng, ngrowot, dan lainnya. Konsep tirakat ini lebih menyiksa diri karena meninggalkan makan, minum, tidur hanya sebentar, terkadang juga tidak boleh keluar kamar, tidak boleh berbicara dengan orang lain dan sebagainya. Untuk itu konsep tarekat lebih manusiawi karena tidak menyiksa diri dalam mengamalkannya.

Demikianlah perbedaan antara ilmu dan ngelmu, semoga dengan adanya pembahasan ini bisa menambah wawasan. Untuk bisa mendapatkan ngelmu dan melakukan laku batin semua kembali kepada kepercayaan pembaca. Dan saran kami apabila ingin melakukan laku batin harus dalam pengawasan guru hikmah. Hal semacam ini memang diluar nalar tetapi memang ada yang mampu dan mempunyai kekuatan seperti itu.

Baca juga: Mengenal Sihir Hypnosa, Sihir Modern Pada Zaman ini